Selasa, 09 Juni 2015

Budaya, Makanan dan Ciri khas Sulawesi Tengah

     Indonesia merupakan negara dengan 34 provinsi yang setiap provinsi tersebut memiliki budaya, seni dan ciri khas yang berbeda-beda seperti daerah saya yaitu Sulawesi tengah, sebagai daerah nusantara dengan beragam budaya yang diwariskan oleh leluhur. 
     Budaya di Sulawesi tengah sangatlah banyak karena setiap kabupaten memiliki budaya yang berbeda-beda akan tetapi ada budaya yang semua kabupaten melakukanya baik itu merupakan sebuah tarian maupun adat istiadat. 
      Salah satu tarian yang masih ada sampai sekarang  dan tetap akan melekat dipikiran saya yaitu melakukan sebuah tarian setelah resepsi pernikahan yang dinamakan “ Dero “ yaitu tarianya berbentuk bulatan orang satu dengan yang lainya saling berbegangan seperti yang gambar yang dibawah ini.......


    Dan masih banyak pula tarian-tarian di Sulawesi tengah seperti tarian Lumense dan tarian Pepoinaya.



Bukan hanya tarian, akan tetapi Sulawesi tengah memiliki adat istiadat dan makanan khas. Adat istiadat yang sering dilakukan di daerah saya yaitu Raba perut . Adat yang dilakukan jika seorang Ibu hamil yang kandungannya sudah 3 bulan, 5 bulan atau pun 7 bulan.... saya tidak dapat menjelelaskan secara detail karena saya tidak pernah melihat prosesinya akan tetapi pernah mendengar dari ibu saya, adat ini berasal dari gorontalo akan tetapi telah banyak dilakukan di daerah saya karena banyak orang Gorontalo di daerah saya, dan bapak saya juga termasuk orang Gorontalo.... 

       








 Seperti inilah proses Raba Perut di daerah saya .....
 
Tidak lupa juga dengan makanan khas sulawesi tengah seperti Onyop dan Nasi Jaha.






NASI JAHA















ONYOP


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar